Bank Itu Harusnya Keren!

Bank Itu Harusnya Keren Kek Gini 
(Biar Menarik Minat Anak Muda 
Untuk Menabung)

" Rajin pangkal pandai, Hemat pangkal kaya ", adalah jargon yang udah lama hadir dan di dengungkan sejak kita kecil. Hemat menurut kita, yang sekarang udah pada gede rasanya sulit yah untuk melakukan penghematan.

Gimana gak, anak muda jaman sekarangkan cenderung konsumtif dan galautis makanya susah untuk diajak berhemat. Nah man-temans, gan and sista, ISKRIM kali ini mau bahas persoalan anak muda dengan perbankan, terutama urusan nabung - menabung.

Anak muda kekinian kalau ane amati sepertinya emang alergi dan jauh dari yang namanya urusan menabung, yah gak semua sih tapi paling nggak rata-rata anak muda tuh paling males nabung apalagi harus pergi ke bank. Dari beberapa pengamatan yang ane lakukan, sepertinya emang ada 'gap' antara bank dan anak muda. 

Sebenernya bank-bank sendiri udah mengeluarkan jenis tabungan untuk anak muda tapi ane rasa belumlah benar-benar fokus dan maksimal mengelolanya. Ini adalah ceruk pasar yang suangat besar! Lalu gimana sih biar bank bisa dijadikan 'trend' anak muda dan menabung bisa menjadi 'bagian dari gaya hidupnya' anak muda? Oke dah, ini saran-saran dari ane agar bank bisa lebih diterima oleh anak muda kekinian. Di mulai dari proses kita mau masuk ke bank yah....Check in show...!



POINT 1


Gedung

Anak muda tuh udah males kalau namanya menabung, apalagi harus pergi
'hanya' untuk menabung, keknya gak ada gregetnya. Berangkat ke banknya aja udah males, apalagi masuk ke gedungnya. Coba ente liat, bangunan gedung bank selalu terlihat formal dan sangat kaku. Seandainya bangunan bank itu dibuat dengan arsitek style nya anak muda, dengan warna-warna yang cerah dan interior yang minimalis, ada permainan, hiburan, musik, free wifi, ane rasa akan membuat anak muda semangat untuk pergi ke bank. Bank juga harus berada di lokasi biasa anak muda berada, seperti di mall dan arena hiburan.



POINT 2


Fashionable

Coba aja kita perhatikan kostum-kostum pegawai bank.
Mulai dari security, mbak-mbaknya, sampai level teratas. Semua berpakaian
formil bin formal. Udah gak jaman! Please deeh..! Supaya berkesan 'user
friendly' dan lebih dekat dengan dunia anak muda kekinian, sebaiknya
kostum pegawai bank anak muda dibuat lebih santai, out of the box, kalau
perlu pakai kaos tanktop, bercelana pendek dan rok span pendek. Dan lebih
keren lagi kalau jenis pakaiannya bisa 'glow in the dark'.



POINT 3 


Ruang Tunggu

Ruang tunggu di bank sudah jadi pemandangan umum dan sangat membosankan.
Suasana tunggu di bank terkenal paling bikin bete, apalagi kalau bank itu
terkenal, antrian bisa mengular kek antrian sembako atau tiket lebaran.
Saatnya bank mengubah tempat antrian seperti halnya ruang tunggu di
kafe-kafe atau minimal nasabah dilayani dengan fasilitas yang menghibur
dan bisa santai-santai. Ingat, nasabah adalah pemilik uang yang akan
menyetornya ke bank, bank terima gaji dari nasabah, jadi nasabah harus di
service dengan baik. Menunggu adalah hal yang membosankan, apalagi buat
anak muda kekinian yang rata-rata maunya cepat dan gak sabaran.



POINT 4 


Meja Teller dan CS

Biasanya kita berhadapan dengan teller selalu berdiri, suasana kaku,
hening kek nunggu ajal tiba , begitu juga ketika nasabah berhadapan
dengan customer service selalu berhadapan dengan dokumen - dokumen yang
bikin bete, nah supaya lebih 'nge-blend' ada baiknya disertai musik yang
bisa kita pilih di layar sentuh di sebelah kita, form lembaran dokumen
digantikan dengan tablet atau macam virtual. Menurut ane, disini adalah
'point interest utama' antara nasabah dengan pihak bank. Gaya bicara
teller juga harus keren dan gaul tapi tetap ramah, sopan dan teliti.
Apalagi dengan senyum manis sang teller yang begitu menggoda, pokoknya
nasabah 'harus dibuat betah' dan selalu terkesan di point ini. "Wew..,
tellernya cantik bingits, senyumnya gak nahan, besok gwe dateng lagi dah
buat dapetin nocannya..."



POINT 5



Registrasi

Nasabah baru kadangkala dipusingkan dengan berbagai lembar form yang
harus diisi dan harus ditandatangani beberapa kali, bikin bete super
bete, dan sangat membuang waktu. Saatnya form dibuat lebih simple dan
praktis, dan tampilan layout form harus dibuat lebih 'fresh' kalau perlu
dengan warnawarni dan font yang keren kek halaman website.



POINT 6


Fasilitas

Namanya aja anak muda. Fasilitas kekinian juga harus di miliki oleh
bank-bank ini. Fitur android, ios dengan berbagai menu e-bankin yang
lengkap dan gak pernah eror sekalipun, menu-menu dan layout software yang
menarik akan membuat anak muda betah berlama-lama menggunakan fasilitas
e-bankin. Website dibuat harus keren gayanya anak muda, kalau perlu
bangun komunitas sosial media online khusus nasabah biar terbangun
kesatuan yang erat antara bank dan nasabah.



POINT 7 



Evolusi Mesin ATM

Coba perhatikan bentuk atm, kaku seperti batu menhir yang udah berumur
ratusan tahun! Seandainya mesin atm itu bentuknya gak kotak, tapi bundar, segitiga atau lonjong , pasti akan lebih menarik minat anak muda. Apalagi kalau
tampilan layarnya dibuat 'syur' dan suara mesin atmnya juga mendesah
menggoda, pasti akan bikin betah anak muda kekinian.



POINT 8


Biaya

Persoalan keamanan dan biaya yang dibebankan dari bank ke nasabah menjadi
hal yang sangat sensitif dan mutlak. Kemanan adalah tanggung jawab pihak
bank, dan harus ditingkatkan terus. Soal biaya urusannya 'wajib' lebih
murah dibanding bank pada umumnya, namanya juga bank untuk anak muda
kekinian, kalau perlu 'gratis' tanpa pungutan bea tarik tunai atau
transfer antar bank, dlln. Maklum anak muda kan nggak selalu pegang uang
banyak, kecuali TS.



POINT 9 


Hadiah

Siapa seh yang nggak suka hadiah? Apalagi kek kita-kita anak muda
kekinian. Pemberian hadiah sekarang polanya kudu diubah, kalau dulu
menganut point, atau embel-embel ini itu, ribet, sekarang langsung aja
cash setelah mendapat nomor pin melalui gadget nasabah, bisa ditukar
langsung saat itu juga. Paling sederhana misalkan; contoh, dapet pulsa
25.000 tiap menabung 10.000 terisi saat itu juga begitu teller memencet
Enter pada keyboard. Dan hadiahnya gak perlu muluk, yang penting ikut
trend dan berguna buat anak muda kekinian

Nah gimana man-temans, gan and sista, 
itulah beberapa point yang ada dalam fikiran ane,guna merubah paradigma agar anak muda makin tertarik dan menabung bisa menjadi gaya hidup mereka. Ane rasa point-point diatas cukup sebagai masukan. Kurang dan salah mohon koreksian, ts hanya mengamati apa yang sepertinya menjadi 'gap' antara bank dan nasabah khususnya menyasar anak-anak muda Indonesia. Terimakasih .SALAM ISKRIM


ide: pengamatan dan pemikiran sendiri | tukang gambar: oom gugel



No comments

Komen di blognya iskrim harus cerdas dan keren, no spam, no junk please!