10 Teknologi Artificial Intelligence (AI) yang Akan Greget Di 2018



Teknologi kian berkembang dan semakin seksi dalam penggunaannya. Bagaimana nggak seksi, buktinya para ahli masih aja terus 'mengulik' teknologi khususnya Artificial Intelligence (AI) yang sedang trend saat ini. Artificial Intelligence, teknologi yang akan mengubah perilaku manusia dikehidupan sehari-harinya sebagai investasi dimasa depan, sungguhkah?

Nah bicara Artificial Intelligence (AI),
menurut laman Forbes keberadaan Artificial Intelligence (AI) semakin diminati mereka yang melek teknologi khususnya bidang internet. Sejak pertama dikembangkan tahun lalu 38% perusahaan menggunakan teknologi ini dan kini prediksinya-pun diperkirakan meningkat tajam tumbuh menjadi 62%

Artificial Intelligence (AI)
Apaan Sih?

Secara awam, Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan yaitu suatu studi khusus di mana tujuannya utamanya adalah membuat komputer berpikir dan bertindak seperti halnya manusia. Dengan kata lain adalah penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang bersifat kompleks dan berulang-ulang, mempermudah interaksi orang awam melalui teknologi, meningkatkan produktifitas, lebih cepat menyelesaikan masalah, dimungkinkannya penggabungan dua atau lebih teknologi para pakar.

Lalu trend kedepan Teknologi AI yang Gimana Trendnya?

Nih gan ane share ada 10 trend yang bakal greget kedepannya khususnya di tahun 2018 mendatang (menurut laman Forbes)


Natural Language Generation



Bahasa awamnya adalah sebagai bahasa alami versi digital, kemudian akan dimengerti oleh manusia, terjadi komunikasi dua arah. Secara teknis sangat rumit dan menantang tapi justru inilah para ahli ingin coba membuktikannya. Kedepan teknologi ini akan mampu membuat ringkasan sebuah laporan, kalkulasi pasar dan lain sebagainya.


Speech Recognition



Pengenalan ucapan, kelak teknologi ini akan mampu membaca suara manusia menjadi format yang bisa diterapkan dalam kerja komputer, contoh yang saat ini adalah seperti pengenalan suara berdasarkan perintah suara menjadi lebih interaktif dan untuk aplikasi mobile. Kalau ente lihat Siri, Cortana dan Google Now itu adalah contoh sederhananya. Sedangkan NICE, Nuance Communications, OpenText dan Verint Systems adalah deretan pengembang teknologi ini.


Machine Learning Platforms



Mesin pintar yang mampu bekerja sendiri berdasarkan kecerdasan buatan. Kedepan teknologi ini harus bisa mempermudah kerja manusia. Dengan menyediakan API (antarmuka pemrograman aplikasi), alat pengembangan dan pelatihan, data base besar, aplikasi-aplikasi dan mesin lainnya, platform pembelajaran mesin, setiap hari kedepannya semakin menjanjikan dan semakin menarik. Memprediksi atau klasifikasi adalah hal yang saat ini bisa dimanfaatkan dari teknologi ini.


Virtual Agents



Tidak diragukan lagi, hadirnya Virtual Agents ini mengalami kebangkitan yang luar biasa perihal 'bots obrolan' mengalami kebangkitan yang pesat, kemajuan teknologi dan inovasi nya makin diperhitungkan. Virtual Agents banyak digunakan sebagai layanan pelanggan dan dukungan sebagai smart home manager. Beberapa perusahaan yang menyediakan agen virtual meliputi Amazon, Apple, Solusi Buatan, AI Assist, Creative Virtual, Google, IBM, IPsoft, Microsoft, Satisfi.


Decision Management



Nantinya mesin cerdas akan mampu mengenalkan aturan dan logika pada sistem kecerdasan buatan dan dapat digunakan untuk penyiapan awal / pelatihan, pemeliharaan dan penyetelan yang berkesinambungan. Teknologi ini akan banyak digunakan di berbagai macam aplikasi perusahaan, membantu atau melakukan pengambilan keputusan secara otomatis. Beberapa perusahaan yang sudah menyediakan adalah Advanced Systems Concepts, Informatica, Maana, Pegasystems, UiPath.


AI-Optimized Hardware



Perusahaan melakukan investasi besar-besaran di ML / AI ini dengan model desain perangkat keras, bertujuan untuk mempercepat akselerasi aplikasi generasi berikutnya. Unit pengolahan grafis (GPU) dan peralatan yang dirancang khusus, dirancang secara efisien untuk menjalankan pekerjaan komputasi berorientasi AI.

Beberapa perusahaan yang berfokus pada AI-Optimized Hardware adalah Alluviate, Cray, Google, IBM, Intel, Nvidia.


Deep Learning Platforms



Deep learning adalah bidang yang paling cepat berkembang dan tren baru dalam pembelajaran mesin. Satu set algoritma yang menggunakan jaringan syaraf tiruan untuk dipelajari dalam multi level, sesuai dengan tingkat abstraksi yang berbeda. Beberapa aplikasi pembelajaran yqng le ih jauh adalah pengenalan ucapan otomatis, pengenalan gambar / pengenalan karakter optik, NLP, dan klasifikasi / pengelompokan / prediksi hampir di semua struktur yang dapat dirasakan dan di digitasi.


Text Analytics and NLP


Natural language processing (NLP) atau Pengolahan bahasa alami, berkaitan dengan interaksi antara komputer dan bahasa manusia (alami). Teknologi ini menggunakan analisis teks untuk memahami struktur kalimat yang diterima, serta makna dan niatnya, melalui metode statistik dan pembelajaran mesin.


Biometrics



Teknologi ini berkaitan dengan identifikasi, pengukuran dan analisis aspek fisik struktur tubuh, bentuk dan perilaku manusia. Hal ini memungkinkan interaksi yang lebih alami antara manusia dan mesin, termasuk interaksi yang terkait dengan sentuhan, citra, ucapan dan pengenalan bahasa tubuh. Teknologi ini sekarag sudah banyak digunakan untuk riset pasar. Pemasok teknologi ini meliputi 3VR, Affectiva, Agnitio, FaceFirst, Sensory, Synqera dan Tahzoo.


Robotic Process Automation



Otomatisasi proses robot bekerja dimungkinkan berkat skrip dan metode yang meniru dan mengotomatisasi tugasnya manusia untuk mendukung proses perusahaan. Karena terlalu mahalnya atau tidak efisiennya jika dikerjakan oleh manusia untuk pekerjaan atau tugas tertentu maka teknologi ini sangat efisien.

Kita perlu mengingat kecerdasan buatan ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan manusia, melainkan untuk melengkapi kemampuan mereka dan memperkuat talenta manusia. Kunjungi thread ane juga disini : tkp



6 comments:

  1. Hi There,

    Nice tutorial! Let's keep our fingers crossed that this works. I would like to put this all to rest.
    I have a use case, where there are some 100 agents working on the same, what they do is they open one application and from there once they click using mouse, it opens another application, where in I need to enter few details extracted from the main page which I opened initially. Here once robot fill certain details, it allowed agent to fill certain other details and then submit the page. Now there are two issues I am facing?
    After final submit, if I go to main page and click to open second application, robot doesn’t work and I have to close the browser. Now I can’t close the browser every time as it will ask the user to enter credentials again and again. Session should be active.
    Do I have to install Uipath studio in all 100 agents across different locations to call robot?
    Please help on this as earliest.

    Anyways great write up, your efforts are much appreciated.

    Regards,
    Morgan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm..., I do not seem to have a good answer, hopefully next one can help. Thank you

      Delete
  2. Hi Man,


    Muchas Gracias Mi Amigo! You make learning so effortless. Anyone can follow you and I would not mind following you to the moon coz I know you are like my north star.

    test automation.(not always but in general). If they write unit tests, that will be great!
    ♦ API Testing libraries of that programming language.
    ♦ BDD support of that language.
    ♦ Visual Test Automation support.
    I am in a .NET house but I changed the test automation language from C# to JAVA. Because of above reasons. In addition, when you want to search test automation experts, you can find JAVA experienced test automation experts much easily in our region. If you are a manager or decision maker, you should also consider this too.
    But great job man, do keep posted with the new updates.


    Obrigado,

    ReplyDelete
  3. NayHoh,


    What a brilliant post I have come across and believe me I have been searching out for this similar kind of post for past a week and hardly came across this.

    The “scroll” option in SendHotkey activity simulates pressing the “Scroll lock” button on the keyboard. Enable or disable this option is best seen within an Excel sheet: when enabled, if you press any of the arrow keys it will result in the screen moving in that direction, but the selected cell will not change. It has nothing to do with the actual scrolling.
    In my opinion, the best way to scroll whitin a list or page is with SendHotkey -> arrow up/down OR pg up/down.

    Once again thanks for your tutorial.

    Cheers,

    ReplyDelete
  4. Hallo,

    You make learning and reading addictive. All eyes fixed on you. Thank you being such a good and trust worthy guide Uipath Training USA .

    Here is one approach:
    ⦁ Store column in first table to an array
    ⦁ Filter master table using Array.Index() to see if the value is contained in that array.
    The one-liner to accomplish this would look something like this:
    dt1 is first table, dtMaster is master table
    dtFiltered = dtMaster.AsEnumerable.Where(Function(row) Array.IndexOf( dt1.AsEnumerable.Select(Function(code) code(1).ToString.Trim).ToArray, row(1).ToString.Trim ) > -1 ).CopyToDataTable
    Then, just use Write Range with dtFiltered and new sheet name
    I have not tested the vb.net code but it looks right, and it might need some adjustments.
    Thank you very much and will look for more postings from you.

    Thank you,
    Kevin

    ReplyDelete
  5. Hello There,

    Muchas Gracias Mi Amigo! You make learning so effortless. Anyone can follow you and I would not mind following you to the moon coz I know you are like my north star. Uipath Training USA

    As you mentioned you need to scroll down to find the text . So make sure that text is visible when you execute click text .And you can set the position of click by setting offset X/Y in the property.
    PS: if similar text exist more than one time on the screen then make use occurrence property of click text to find specific text .
    THANK YOU!! This saved my butt today, I’m immensely grateful.

    Gracias
    Radhey

    ReplyDelete

Komen di blognya iskrim harus cerdas dan keren, no spam, no junk please!