Kantong Belanja Ramah Lingkungan, Hanya Mitos?

 Kantong Belanja Ramah Lingkungan (yang Tak Benar-Benar Aman)_iskrim_com_1

Pernah waktu lalu pemerintah menggalakkan plastik ramah lingkungan yang diterapkan di market-market dimana mereka biasa menyediakan kantong belanja dan mulai menerapkan kantong belanja ramah lingkungan disetiap gerai kasirnya. Rupanya trend kantong belanja ramah lingkungan dan tas ramah lingkungan menurut peneliti ada hal yang dianggap mitos kalau kantong belanja ramah lingkungan (Plastik biodegradable) benar-benar ramah lingkungan.

Seperti kita ketahui kenapa dunia mendukung penggunaan kantong belanja ramah lingkungan ini benar-benar aman karena memang dibuat dari bahan dasar tanaman tentunya ramah lingkungan dan hampir tanpa limbah karena bisa terurai dengan sangat baik.

Kantong Belanja Ramah Lingkungan (yang Tak Benar-Benar Aman)_iskrim_com_1
lamarsalao

Tapi tunggu dulu, menurut laman thedieline, dimana Kate McCauley seorang manajer pemasaran Law Print & Packaging yang juga seorang desainer peduli lingkungan dan logistik ini mencermati bahwa sesungguhnya kantong belanja selama ini dikenal ramah lingkungan tidaklah sepenuhnya benar karena ternyata tidaklah benar-benar terurai, bahkan bahan bioplastik yang dibuat dengan petrokimia justeru meninggalkan racun dan residu plastik kecil yang bisa mencemari tanah yang akibatya tanah ini tidak cocok untuk daur ulang pengomposan tanah.

Menurutnya kantong belanja ramah lingkungan ini ketika sudah dibuat dalam bentuk kemasan tidaklah lagi sepenuhnya aman karena sudah tercampur bahan kimia disbutkan diatas tadi alias tidak lagi ada definisi 'biodegradability.'

http://www.iskrim.com/2018/06/kantong-belanja-ramah-lingkungan-hanya-mitos-ini-buktinya.html
 inews

"Bayangan kita dulu adalah karena kantong belanja ramah lingkungan bisa terurai dengan baik di tanah maka tanah tersebut bisa digunakan untuk cocok tanam kembali, ternyata tidak. Hal ini telah diteliti di Inggris dan mereka telah menerbitkan sertifikasi beberapa level aman dan mensosialisasikan ke konsumen mana yang cocok dan tidak cocok untuk tanah pengomposan.

Nasi sudah menjadi bubur, kantong belanja yang di gembar-gemborkan ramah lingkungan saat ini telah menyebar diseluruh dunia. Memang sepertinya berita bagus tapi kabara terbaru tentang level aman penggunaaan kantong belanja ramah lingkungan dipasaran kini perlu disosialisakan di teliti kembali. Ya, meski secara terurai lebih cepat dari plastik tetap akan melepaskan metana, gas rumah kaca yang justeru memperparah lingkungan daripada CO2.


No comments

Komen di blognya iskrim harus cerdas dan keren, no spam, no junk please!