Bela Negara dan Wajib Militer, Apa Sih Perbedaannya?


"Jika kita mempunyai keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan
bahu-membahu mewujudkannya" = Soekarno =

Republik Indonesia (RI), biasa disebut Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau. Dengan populasi lebih dari 258 juta jiwa pada tahun 2016, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa. ref

Gimana gan, warbyasah kan Indonesia itu. Berbicara bela negara yang jatuhnya setiap tanggal 19 Desember nanti, tentunya berkaitan dengan pertahanan negara kita yang besar ini, mengingat potensi, budaya dan sumber daya alam yang luar biasa ini maka kita sebagai warga negara yang baik, ber nasionalisme tinggi dan berke-Tuhanan maka kita wajib menjaga keutuhan negara tercinta ini. Sekuat-kuatnya dan canggihnya peralatan perang kita tentu memiliki keterbatasan, maka di butuhkan pendukung secara penuh oleh warga negaranya. Lalu apa sih persamaan dan perbedaan antara bela negara dengan wajib militer? Nyuuk deh gan kita lanjutkan dibawah ini..



BELA NEGARA


Bela negara, kalau di runut sejarahnya di Indonesia mungkin sudah ada sejak jaman kerajaan Majapahit, yakni untuk mempertahankan kesatuan nusantara ini, dan terus dilanjutkan hingga era perjuangan kemerdekaan Indonesia tahun 1945.  

Jaman terus berkembang era perjuangan fisik dahulu berbeda dengan berjuang dimasa sekarang, tantangannya pun bertambah mengingat saat ini adalah era globalisasi, maka kualitas ancaman negara semakin luas, ancaman tersebut bisa bersifat militer dan nonmiliter, bersifat internal maupun eksternal, fisik dan nonfisik serta bersifat multidimensional, meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya. Kkalau tidak kita menyadari, negara ini bakal di 'gemboskan' secara perlahan.  Apakah ente mau terus di jajah oleh bangsa lain? Nggak bisa hidup dengan nyaman dan aman?


Bela negara menurut oom wiki:

Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut, sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut.


Bela negara menurut ane adalah:

Mengembalikan sikap nasionalisme setiap personal sejak usia dini dengan disiplin dan tanggung jawab berdasarkan asas Pancasila an UUD45. Bela negara ini adalah pelatihan semi militer bagi orang dewasa, dengan tujuan meningkatkan kesadaraan dan kewaspadaan terhadap serangan-serangan internal maupun ekternal yang mengancam keutuhan bangsa. Penerapannya nanti bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa menularkan kedisiplinan ke lingkungannya. Dengan persiapan secara mental dan fisik, peserta bela negara ini dengan sendiri akan mencintai tanah air dan siap menjadi backup tentara Indonesia.


Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menegaskan, bela negara bukan wajib militer. Namun, perwujudan hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara. “Nantinya, disiplin pribadi yang akan membentuk disiplin kelompok, seterusnya akan menjadi disiplin nasional. Tembak-menembak itu nomor dua ratus,” ujarnya di Kantor Kemhan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (12/10).

Namun demikian, untuk daerah-daerah tertentu seperti, daerah perbatasan dan pulau terluar, program bela negara yang diberikan bersifat khusus. “Di Natuna perlu bela negara plus, dia (masyarakat) perlu tahu bom meledak, dan sebagainya jadi tidak panik,” ucapnya.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menilai, dalam bela negara ini setiap warga negara diajarkan bagaimana mencintai bangsa dan negaranya, membangun kebersamaan sehingga dapat mewujudkan Indonesia yang kuat, dalam menghadapi kompleksitas ancaman. ref


POINT MENDASAR DALAM BELA NEGARA

Ada pendidikan kewarganegaraan ( Pengenalan Pendidikan Pancasila dan UUD45 )
Ada pelatihan dasar wajib militer ( Dasar-dasar pelatihan militer )
Tentara Nasional Indonesia (TNI) 
( Berpeluang menjadi TNI karean sudah memiliki bekal )
Pelatihan sesuai profesi masing-masing ( Pelatihan disesuaikan dengan profesi dasar personal dengan meningkatkan dan mempertajam analisis berdasarkan sikap nasionalisme kebangsaan )
(Direktur Bela Negara Kemenhan, Laksamana Pertama M. Faisal)


TUGAS DASAR BELA NEGARA

Melestarikan budaya sendiri
Belajar dengan rajin bagi para pelajar
Taat akan hukum dan aturan-aturan negara
Mencintai produk-produk dalam negeri
Disiplin dan tepat janji



WAJIB MILITER


Demi menjaga keamanan dan keutuhan bangsa dan negara dari berbagai ancaman, maka diperlukan militer sebagai ujung tombaknya. Diperlukan praktisi dan tenaga yang siap siaga kapanpun diperlukan demi tugas negara ini. Wajib milier atau dikenal dengan wamil menjadi kewajiban personal yang memenuhi syarat untuk ikut serta, sifatnya adalah wajib.


Bela negara menurut oom wiki:

Wajib militer atau seringkali disingkat sebagai wamil
adalah kewajiban bagi seorang warga negara berusia muda terutama pria, biasanya antara 18 - 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara dan mengikuti pendidikan militer guna meningkatkan ketangguhan dan kedisiplinan seorang itu sendiri. Wamil biasanya diadakan guna untuk meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian seorang itu dan biasanya diadakan wajib untuk pria lelaki.

Yang harus wamil biasanya adalah warga pria. Warga wanita biasanya tidak diharuskan wamil, tetapi ada juga negara yang mewajibkannya, seperti di Israel, Korea Utara dan Suriname. Mahasiswa juga biasanya tidak perlu ikut wamil. Beberapa negara juga memberi alternatif tugas nasional (Layanan alternatif) bagi warga yang tidak dapat masuk militer karena alasan tertentu seperti kesehatan, alasan politis, atau alasan budaya dan agama.



Wajib militer menurut ane adalah:

Untuk sebagian orang wajib militer kedengarannya bikin parno yah. Apa mau dikata, wajib militer menjadi kewajiban bagi personal atau warga negara yang telah memenuhi syarat. Syarat umunya adalah Laki-laki sebagai prioritas utama, berusia sekitar 20-30 tahun, sehat jasmani dan rohani. Persyaratan lainnya adalah tentu seperti masuk militer, tes kesehatan, memenuhi syarat administrasi dan menunggu panggilan dari negara.

Kalau di Korea, mereka yang telah mengikuti wajib militer itu otomatis berhenti sementara, sekolah atau pekerjaannya, menunggu panggilan dan penempatan apakah darat, laut atau udara. Sebagai awal latihan mereka di gembleng sekitar 4 minggu di camp latihan, kemudian di tugaskan di satuan unit yang mereka pilih. Wajib miiter di Korea adalah 2 tahun lamanya.



TUGAS DASAR WAJIB MILITER

Menanamkan sikap disiplin dan mental yang kuat serta sehat jasmani maupun rohani
Menegakkan kedaulatan negara
Mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945
Taat akan hukum dan aturan-aturan negara
Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.



KESIMPULANNYA ADALAH

Menanamkan sikap disiplin dan cinta tanah air sejak dini dan di terapkan dalam keseharian Kewajiban warga negara terpilih demi menjaga kesatuan dan keutuhan sebuah negara, dalam hal ini negara tercinta Indonesia




No comments

Komen di blognya iskrim harus cerdas dan keren, no spam, no junk please!