8 Cara Termudah Melindungi Akun Gmail Dari Serangan Hacker

8 Cara Termudah Melindungi Akun Gmail Dari Serangan Hacker

Kabar Google mengubah tampilan dasboard Gmail disambut hangat oleh penggunanya. Ringkas dan lebih aman digadang cukup mumpuni dari peretasan mereka yang tak bertanggung jawab. Beberapa cara termudah melindungi aku Gmail dari hacker/ peretas bisa dicoba di bawah ini.

Sebagai jaringan mailing yang tersukses di tahun ini hampir semua orang menggunakan dan memiliki akun Gmail, dan akhirnya membuat orang yang tak bertanggung jawab ingin mengambil kesempatan dan keuntungan dari kesimpang-siuran data sebanyak mungkin. Jadi kita pengguna agar tidak salah langkah ada baiknya mengikuti salah-satu cara berikut:


8 Cara Termudah Melindungi Akun Gmail Dari Serangan Hacker


Menggunakan Add Ons Ugly Email

1. Buka browser Google Chrome melalui komputer
2. Masuk ke "Ugly Email" di Google Chrome Webstore
3. Klik "Tambahkan ke Chrome" di tab baru, setelah installan selesai akan muncul ikon di sudut kanan
4. Nah jika kita membuka email dan muncul ikon 'bola mata' itu menandakan bahwa email tersebut memiliki program pelacakan yang bisa membaca data email-email kita. Jika kamu tidak mengenal atau ragu lebih baik segera dihapus atau di unsubscribe email saja.


Verifikasi 2 Langkah

Kalau diatas tadi menggunakan aplikasi pihak ketiga kali ini melalui akun Gmail sendiri. Ini adalah cara masuk paling aman, disini pengguna melalui ponselnya, komputer, atau perangkat lain akan diberikan kode verifikasi berupa sms teks, suara atau otentifikasi Google lainnya yang terhubung. Saran saya pilihlah verifikasi bentuk teks kode berupa angka atau gabungan numerik semacam password, lalu menginputnya ke form yang diminta, keamanan ini berlapis dan dibawah kendali pengguna.


Hindari Tawaran Menarik

Sebisa mungkin menghindari folder yang masuk sebagai spam atau phising kecuali kamu benar-benar mengenal atau pernah merequest sesuatu untuk berlangganan email.

Tawaran iming-iming hadiah berupa uang, diperintahkan mengklik link dengan alasan hadiah, donasi, atau apapun yang sifatnya mencurigakan sebaiknya dihapus saja. Ketika kamu sudah terlanjur masuk ke halaman tautan tadi jangan lakukan apapun, apalagi memasukkan passwod, pin dan data privacy lainnya.


Update Berkala Nomor Ponsel

Terkadang untuk pemulihan akun diperlukan nomor ponsel yang aktif untuk Google mengirimkan kode/ pin keamanan, baik akun yang sedang terkendala atau tidak perlu ada perubahan nomor telepon sama sekali maka diperlukan perubahan nomor ponsel, mengganti nomor ponsel seperti password secara berkala tujuannya adalah agar nomor baru tidak terlacak oleh hacker/ peretas. Dan jika hacker/ peretas meminta nomor kode/pin maka Google akan selalu mengirimkan ke nomor telepon yang terbaru didaftarkan.


Gunakan Alamat Email Pemulihan

Email cadangan untuk pemulihan akan sangat penting jika ada kendala persoalan lupa password atau mengirim kode/ pin keamanan. Jika diperlukan buatlah akun email selain Gmail, ini untuk memutus jalur hacker/ peretas yang terhubung dengan koneksi apapun terhadap Google


Usahakan Selalu Ke Settingan Incognito

Adakalanya kita terlalu asyik atau fokus untuk membuka browser di tempat/ fasilitas umum seperti hotel, kafe, stasiun yang terhubung wifi gratis aupun berbayar. Lakukan metode penyamaran dengan memilih setingan brwoser ke mode Incognito, tapi jika tidak memungkinkan dan harus diingat adalah setelah menutup browser segeralah hapus semua cookie dan riwayat web kamu sampai benar-benar kosong tak tersisa.


Periksa Berkala Filter Forwading dan POP/ IMAP

8 Cara Termudah Melindungi Akun Gmail Dari Serangan Hacker
Orang sekarang hampir melupakan fasilitas Forwading dan POP/ IMAP, karena jarangnya aktifitas di sini terkadang hacker/ peretas memanfaatkan halaman Forwading dan POP/ IMAP dengan menambahkan filter jahat yang nantinya hacker/ peretas dengan mudah mengirim email palsu ke kamu atau ke orang lain yang seolah-olah pengirimnya kamu sendiri. Jadi jika kamu melihat ada filter yang mencurigakan segeralh hapus filter tersebut, untuk mencari tahu cobalah buka 2 akun berbeda di komputer yang berbeda, samakan menu filter yang ada, jika ada yang berbeda patut diwaspadai dan segera hapus.


Melacak Aktifitas Akun Gmail

Salah satu cara termudah adalah dengan mentracking pergerakan arus email kamu di Gmail. Caranya adalah dengan mencari tahu “Last Account Activity” dengan cara masuk ke menu "Detail" di sudut kanan bawah Gmail, setelah masuk kamu akan melihat semua jenis akses yang berhubungan dengan emailmu, termasuk lokasi dan tanggal, jika ada login tak dikenal, lokasi yang asing, atau kamu merasa tidak melakukannya tutup dan ganti password sesegera mungkin.


Tutup Rapat

Hal seringkali diremehkan ataupun termudah adalah melakukan proses tutup email yang tidak sempurna setelah selesai membuka email. Meski terlihat sepele tapi sesungguhnya 'pintu' email masih terbuka lebar, maka demi keamanan hal yang harus selalu diingat adalah dengan menutup email dengan langkah Log Out/ Sign Out, maka setelah itu pintu email sudah terkunci rapat.


Nah, itulah 8 cara untuk melindungi akun email Gmail kita dari serangan hacker/ peretas yang merugikan. 8 cara diatas sangat mudah tapi seringkali kita sepelekan atau tidak kita ketahui, menu-menu tersembunyi ternyata menyimpan fungsi dan kekuatan melindungi email dari serangan hacker/ peretas. Semoga artikel kali ini bermanfaat buat kita semua.



No comments

Komen di blognya iskrim harus cerdas dan keren, no spam, no junk please!