iPhone Terkunci? Tenang, Aplikasi yang Digunakan Polisi Ini Mampu Membukanya

iPhone Terkunci,Tenang, Aplikasi yang Digunakan Polisi Ini Mampu Membukanya_iskrim_com_

Menjadi sebuah momok bagi pemilik iPhone yang lupa dengan passwordnya sendiri. Menurut kabar, password akan tersimpan aman dan terbuka sendirinya setelah 48 tahun, bahkan lebih lama, siapa yang mau menunggu? Banyak jasa pembuka password ataupun mem by pass iPhone yang terkunci agar bisa dibuka dan normal kembali, tapi sepertinya hanya bagus di iklannya saja, selebihnya nihil!

Baru-baru ini menurut fossbytes  dan  forbes, pihak kepolisian Amerika bekerja sama dengan perusahaan GrayShift (pemiliknya bagian dari intelejen AS dan mantan insinyur Apple sendiri) mencoba langkah maju terutama persoalan keamanan yang terhubung dengan iPhone. Sebagai perusahaan forensik digital resmi yang sah ke perangkat iOS, GrayShift memiliki keunggulan salah satu adalah mampu membuka password iPhone yang terkunci secara cepat.

Dalam iklannya GrayShift mengklain mampu membuka kunci iPhone yang menjalankan iOS 10 dan 11, dan iOS 9 segera hadir. GrayShift, juga di klaim mampu bekerja baik di perangkat keras Apple terbaru, hingga model iPhone 8 dan X.

Dalam sebuah demonstrasi dengan sumber yang dirahasiakan dan diliput melalui laman Forbes mengatakan GrayShift telah berhasil membuka password iPhone X yang terkunci. Cara kerja GrayShift menurut sumber adalah dengan cara menonaktifkan sementara mesin iPhone dan kemudian GrayShift akan mengekstrak sistem filenya dan mengambil alih kerja iPhone, lalu mulai melakukan scanning password. Cara kerja GrayShift mirip dengan Cellebrite yakni dengan mengeksploitasi sistem, kata Ryan Duff, direktur solusi cyber Point3 Security.

"Tanpa melanggar enkripsi, Anda akan selalu dipaksa ke dalam situasi kekerasan," jelas Duff. "Itu tidak berarti mereka menggunakan eksploit yang sama persis ketika menggunakan Cellebrite. Mungkin saja mereka berbeda. Tapi proses pasca eksploitasinya hampir dipastikan sama."

Dalam ujicoba lain Mathew Green,yakni asisten profesor dan cryptographer di John Hopkins Information Security Institute, melakukan ujicoba dan memberikan laporan yang menarik:

iPhone Terkunci,Tenang, Aplikasi yang Digunakan Polisi Ini Mampu Membukanya_iskrim_com_



GrayShift kini dipasaran dengan 2 harga yang berbeda, $ 15.000 dan $ 30.000 dengan paket unlocking sebanyak 300. Berdasarkan pengetesan secara umum GrayShift biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam membuka password iPhone 4 digit, dan sekitar 3-4 hari dengan password 6 digit.

Pertanyaannya sekarang adalah GrayShift sudah resmi dijual ke pasaran tapi apakah setiap orang bisa dengan mudah membeli dan memiliki lisensinya? Karena saat ini baru pihak kepolisian saja yang memiliki otoritasnya, jadi kita tunggu saja perkembangan selanjutnya. Menurut saya kalau memang bisa dijual bebas tentu akan banyak pembuka jasa unlock yang benar-benar bisa bekerja sesuai iklannya!

Artikel ini terbit juga di: Kaskus



No comments

Komen di blognya iskrim harus cerdas dan keren, no spam, no junk please!