Cara Cerdas Memotivasi Karyawan Agar Tetap Semangat Bekerja

tips bagus_mudah_murah_ memotivasi karyawan

Dalam dunia bisnis, perputaran karyawan menjadi masalah yang sering dibicarakan. Menurut penelitian universitas-universitas ternama dan lembaga perekonomian dunia menunjukkan bahwa perusahaan harus mengeluarkan biaya untuk memberikan mencari, pelatihan dan memperkerjakan karayawan pengganti yang cocok dengan perusahaan sebesar satu per lima gaji karyawan per tahun. Lambat laun akan menjadi masalah pengeluaran perusahaan yang terbesar yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan ke depannya.

Untuk menyikapinya, perusahaan memerlukan beberapa cara untuk mengurangi dan mengatasi masalah tersebut. Berikut 2 cara yang dapat membuat karyawan betah dan semangat dalam bekerja:


Lingkungan kerja

Untuk membuat karyawan betah dalam bekerja tentunya dimulai dari hubungan antar sesame karyawan, hubungan karyawan dengan manajer atau atasan hingga tunjangan, gaji yang diberikan. Lingkungan kerja harus diperbaiki sehingga dapat memberikan dampak positif untuk karyawan dan dapat membuatnya betah di perusahaan. Dalam perusahaan, Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai atasan untuk memperbaiki lingkungan kerja, antara lain:

  • Peningkatan gaji atau menawarkan promosi
Dengan menaikkan gaji, tunjangan atau menawarkan promosi tentunya dapat membuat karyawan lebih betah dan bersemangat dalam bekerja. Namun Anda sebagai atasan juga perlu memerhatikan keuangan perusahaan agar nantinya jika Anda memberikan peningkatan gaji perusahaan Anda tidak merugi. Pastikan juga karyawan yang menerima tawaran promosi dan peningkatan gaji lebih merupakan seseorang karyawan yang bisa diandalkan, Anda perlu mempertimbangkannya dengan baik sehingga perusahaan tidak merugi.

  • Pekerjaan yang dijalani antar sesama karyawan harus seimbang
Anda sebagai atasan harus mengetahui dan memperhatikan secara cermat letak kelebihan dan kelemahan karyawan Anda dan memberikannya bidang pekerjaan yang sesuai dengan daya kerja karyawan tersebut. Jika tidak, produktivitas karyawan dapat berkurang karena merasa tidak cocok dengan bidang yang digeluti dan tentunya membuat karyawan tidak betah dan bersemangat dalam bekerja.


Sumber Daya Manusia (SDM)

tips bagus_mudah_murah_ memotivasi karyawan

Untuk mengurangi perputaran karyawan di perusahaan dapat dilakukan dengan cara memperbaiki praktik sumber daya manusia di perusahaan. Dapat dimulai dari melakukan pelatihan kepada karyawan. Bukan hal yang mudah untuk melakukannya karena selain keterbatasan waktu jika terjadi peningkatan permintaan dari client juga karakter karyawan itu sendiri. Anda harus bisa mengajak seluruh karyawan Anda untuk mengikuti pelatihan sehingga Anda bisa melihat dan meneliti kecerdasan, keterampilan, kreativitas, kepribadian dan komitmen karyawan kepada perusahaan.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui siapa saja yang layak berada di perusahaan Anda dan mendorong karyawan yang kurang motivasi untuk bersemangat dalam bekerja dan berusaha menjadi karyawan yang layak bekerja di perusahaan Anda. Maka, perusahaan Anda dapat mengurangi jumlah perputaran karyawan di perusahaan Anda.

Untuk mempermudah dan memperlancar kegiatan perkantoran, Anda dapat mencoba menggunakan the best hr software cloud, LinovHR, Software HRD LinovHR telah banyak digunakan oleh perusahaan - perusahaan besar yang ada di indonesia seperti : Smartfren, PT PP Properti, ILLote, Advan dan masih banyak perusahaan besar lain yang menggunakan Software HR LinovHR

Hal ini karena platform LinovHR juga memiliki banyak modul dan fitur yang mendukung tim HRD bekerja efektif dan efisien. Meliputi sistem payroll, absensi, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, data karyawan hingga perhitungan PPH 21 dan tunjangan maupun benefit. Dengan software payroll tim HRD akan lebih fokus dalam menjalankan tugas-tugasnya karena tugas HR yang berat seperti payroll dan hal lainnya telah terselesaikan secara otomatis oleh software hrd.
Tunggu apalagi, segera manfaatkan software hrd untuk mengatasi segala permasalahan umum yang kerap menjadi tantangan karyawan perusahaan di Indonesia.

Ayo Dapatkan Ujicoba Gratis LinovHR disini tanpa dipungut biaya apa pun.


No comments

Komen di blognya iskrim harus cerdas dan keren, no spam, no junk please!